KKN TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID 2018: ON GOING AT SINGOJURUH & SONGGON!

KKN TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID 2018: ON GOING AT SINGOJURUH & SONGGON!

KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid 2018 Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi kini telah berlangsung di Kecamatan Singojuruh dan Kecamatan Songgon.  KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi yaitu pengbadian kepada masyarakat. IAI Ibrahimy sebagai kampus rahmatan lil alamin, mendorong mahasiswa dalam KKN Tematik Posdaya untuk memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah, dakwah sekaligus wadah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada KKN 2018 ini, sejumlah 245 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Hukum Keluarga Islam diterjunkan di 15 Desa di wilayah Kecamatan Singojuruh (Desa Cantuk, Gumirih, Singojuruh, Kemiri, Sumber Baru, Alasmalang)  dan Kecamatan Songgon (Desa Balak, Sragi, Bayu, Bedewang, Bangunsari, Parangharjo, Songgon, Sumberarum, Sumberbulu). Masing-masing desa ditempati oleh satu kelompok KKN yang akan dibimbing oleh satu DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang kompeten.

Pada acara penerjunan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid yang bertempat di Kecamatan Songgon, 25 Juli 2018, Rektor IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi (Drs. Kholilur Rahman, M.Pd.I) berpesan kepada segenap mahasiswa peserta KKN untuk betul-betul mampu mengemban amanah yang telah diberikan kampus. Mahasiswa harus mampu bekerjasama dengan masyarakat dan segenap aparatur desa untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di setiap desa melalui posdaya demi kesejahteraan masyarakat. Tidak lupa rektor berpesan agar setiap mahasiswa mampu menjaga sikap dan perilaku di tengah-tengah masyarakat sehingga mampu membawa nama baik almamater tercinta. Rektor juga menitipkan seluruh mahasiswa kepada masing-masing kepala desa yang hadir supaya dapat dibimbing dengan baik. Adapun beberapa kepala desa ternyata adalah alumni kampus tercinta. Bahkan, tuan rumah dalam acara penerjunan KKN, yaitu Camat Songgon (Wagiyanto, S.Ag. M.Pd) juga alumni IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Jadi, sudah jelas kampus kita tidak perlu diragukan kualitasnya.

Genap seminggu KKN telah berjalan di Kecamatan Singojuruh dan Kecamatan Songgon, setiap kelompok KKN mulai bergerak untuk melaksanakan tugas prioritas di minggu pertama sesuai dengan amanah ketua LPPM (Ahmad Izza Muttaqin, M.Pd.I) yaitu pembentukan posdaya (SK Kepala Desa), pendataan keluarga, dan pembuatan peta. Oleh sebab itu, setiap kelompok harus melakukan koordinasi yang baik dengan aparatur desa, tokoh masyarakat dan segenap warga masyarakat supaya tugas-tugas yang ditargetkan dapat berjalan dengan lancar. Tidak lupa, setiap DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) harus membimbing mahasiswa untuk mencapai target-target yang telah ditentukan. Semangat mengabdi, pantang mundur Ibrahimy! – (To be Continue)

“Pengabdian adalah seni untuk mengubah sesuatu menjadi positif. Jangan pernah menyerah dengan keadaan. Jadilah the game changer sejati!”  (R_Ng )

  •  
  •  
  •  
  •  
  •