STRUKTUR 2017

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi

 

Mutu sebuah perguruan tinggi dapat diukur dari seberapa banyak penelitian dan pengabdian yang pernah dilakukan. Sejak lahirnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibrahimy  pada tanggal 09 Februari 1989, bersama itu pula lahir lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) di bawah naungan  STAI Ibrahimy yang memusatkan perhatiannya pada masalah penelitian, penerbitan dan pemberdayaan kepada masyarakat. Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM IAI Ibrahimy Genteng, memegang tanggung jawab untuk berkiprah secara langsung di lingkungan internal Perguruan Tinggi maupun di tengah-tengah masyarakat luas, baik dalam struktur pendidikan, sosial keagamaan, maupun ekonomi dan budaya. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, adalah sesuatu yang tidak bisa dipilah-pilah dimana yang satu menjadi lebih penting dibanding yang lain. Ketiganya mempunyai posisi sejajar yang harus dilaksanakan. Perguruan Tinggi diharapkan menjadi pelaku perubahan sehingga menjadi relevan di tengah-tengah tuntutan masyarakat yang semakin dinamis dan semakin komplek. Untuk itu berbekal pengetahuan, kesiapan, dan keterampilan para civitas akademika serta kemampuan untuk memahami akan kebutuhan masyarakat, LPPM IAI Ibrahimy Genteng, semakin menyadari arti penting fungsi, tugas, dan tanggung jawab yang diemban. Berbagai macam kegiatan pernah dilakukan dan beberapa lainnya tengah dan akan dilaksanakan. Diharapkan berbagai pihak di luar IAI Ibrahimy Genteng, baik instansi pemerintah maupun swasta berkenan menjalin kerjasama yang harmonis demi menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan merata.

Visi

Menjadi lembaga penelitian yang melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat serta kontributif bagi kemajuan dan kemandirian masyarakat.

Misi

  • Menciptakan lingkungan akademis yang inklusif, yang menghapus hambatan fisik, akademis dan sosial serta menguatkan kesadaran di kalangan universitas dan masyarakat luas tentang perlunya kesamaan kesempatan di segala bidang.
  • Meningkatkan kualitas riset dan Mengembangkan penelitian sains-tekhnologi dan sosial-budaya bagi dosen dan mahasiswa menuju penguatan paradigma integrasi sains dan Islam.
  • Memperkuat fungsi tridharma perguruan tinggi sehingga terjadi sinergi antara pendidikan, riset dan kemitraan universitas dengan masyarakat.

Tujuan LPPM IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi

  1. Membantu IAI Ibrahimy dalam menyusun kebijakan, perencanaan, dan program yang berkaitan dengan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat baikyang dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswanya.
  2. Membantu lembaga pemerintah maupun swasta dalam menyusun kebijakan, perencanaan, dan program yang berkaitan dengan pemanfaatan Sumberdaya IAI sehingga terlaksana dengan baik dan menguntungkan.
  3. Menerepkan dan mengembangkan teknologi pendidikan, termasuk teknologi produksi dan penggunaannya
  4. Merancang dan membangun model kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat baik dengan instansi pemerintah, swasta, maupun antar Perguruan Tinggi

Pola pengembangan LPPM IAI Ibrahimy berpijak pada

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)
  2. Pengembangan Teknologi Pendidikan.
  3. Pemanfatan data dan Informasi
  4. Kemantapan Organisasi

LPPM IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi sebagai institusi pengembangan Sumber Daya Manusia yang mempunyai perangkat organisasi dan tenaga-tenaga yang mempunyai keahlian dan keterampilan harus mampu mengelola dan menganalisis beragam data dan informasi tentang perkembangan dan teknologi pendidikan. Seiring dengan konsep pengembangan kelembagaan LPPM, upaya membina dan mengembangkan hubungan saling menguntungkan dengan  IAI Ibrahimy maupun YPP. Ibrahimy dilakukan dalam rangka mencari solusi terbaik untuk mencapai kepentingan bersama. Pola ini dikembangkan sebagai suatu pendekatan yang tepat dengan istilah kemitraan (partnership), dalam artian setiap komponen sama-sama mempunyai kepentingan. Dengan model kemitraan ini dapat dilakukan pendekatan-pendekatan pemecahan masalah secara terpadu dan terarah dengan tetap berpegang pada upaya untuk saling menguntungkan.

Kegiatan-Kegiatan Yang Telah Dilakukan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Ibrahimy ini didirikan sejak tahun bersamaan dengan berdirinya  IAI Ibrahimy yang memiliki tujuan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sampai saat ini lembaga ini masih tetap konsisten dalam menjalankan Visi misinya. Hal ini terbukti dengan beberapa hal yang telah dilakukan lembaga tersebut antara lain :

  1. Terwujudnya Desa binaan di tiga Kecamatan di kabupaten Banyuwangi.
  2. Terwujudnya Madrasah-madrasah binaan
  3. Terwujudnya lembaga-lembaga swadaya masyarakat, baik lembaga keagamaan, social maupun ekonomi kerakyatan.
  4. Munculnya berbagai peneliti muda yang professional.
  5. Terwujudnya berbagai usaha kecil menengah di berbagai desa binaan
  6. Terbentuknya berbagai POSDAYA masjid

Struktur Organisasi

  1. Penanggung Jawab                        : Rektor  IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  2. Ketua 1                                              : AHMAD IZZA MUTTAQIN, M.Pd.I
  3. Sekretaris                                          : AINUR ROFIQ SAMWEIL, S.Sos.I
  4. Bendahara                                         : IMAM WAHYONO, M.Pd.I
  5. Devisi Penelitain                              : NURUL HIDAYAH, M.Si
    SUDARSRI LESTARI, M.Pd
  6. Devisi Pengabdian                           : ANA ANIATI, M.Pd.I
    M. IRHAM MAULANA, M.E.I
    HABIBULLOH, M.E.I
  7. Devisi Penerbitan Jurnal               : ZAKI AL-MUBAROK, M.Si
    RIMA TRIANINGSIH, M.Pd
  8. Devisi Administrasi                         : NASRODIN, S.Pd.I

 

OFFICE

Telp           : (0333) 845654

Fax             : (0333) 842196

Emai          : lppm@iaiibrahimy.ac.id