Skripsi merupakan karya ilmiah yang bersifat terapan ilmu, teknologi dan seni yang ditulis oleh mahasiswa Program Sarjana pada akhir masa studinya berdasarkan hasil penelitian, kajian teks  (discourse analysis), kajian kepustakaan (literature research), penelitian  pengembangan,  atau  pengembangan  suatu  karya  yang  dilakukan  dengan mengikuti kaidah ilmiah.

Pelaksanaan Program Pendidikan Sarjana di Institut, diakhiri dengan ujian  Skripsi (munaqosah skripsi) yang diatur sebagai berikut :

  1. Ketentuan Umum Ujian Skripsi (munaqosah) :
    1. Ujian Sarjana  dilaksanakan  dalam  bentuk  ujian skripsi (munaqosah skripsi) merupakan  ujian  yang  diselenggarakan  secara  lisan dan  langsung  di  hadapan  tim  penguji,  bertujuan  untuk  mengevaluasi mahasiswa  dalam  dalam  penerapan  bidang  keahliannya  yang  dituangkan dalam skripsi.
    2. Tim penguji  beranggotakan  3  (tiga)  orang  untuk  program  Sarjana yang dipimpin oleh seorang ketua yang pangkatnya tertinggi  atau yang ditetapkan oleh program studi.
  2. Persyaratan mengikuti ujian skripsi :
    1. Mahasiswa yang bersangkutan sebagai mahasiswa aktif dan memprogramkan skripsi.
    2. Ujian skripsi merupakan ujian yang dilaksanakan paling akhir, sehingga dilaksanakan apabila yang tersangkutan telah tidak memiliki tanggungan akademik apapun.
    3. Telah mengumpulkan sejumlah minimal 138 sks untuk S1 dengan IPK ≥ 2,75.
    4. Nilai minimal untuk Mata Kuliah Keahlian Dasar Umum (MKDU) adalah C.
    5. Tidak mempunyai nilai D.
    6. Telah menyerahkan  skripsi dan  artikel  baik  hard  copy maupun soft copy sesuai ketentuan kepada pembimbing dan ka.prodi.
  3. Apabila telah  dinyatakan  lulus,  maka mahasiswa yang bersangkutan  dapat di  yudisium sebagai  Sarjana dan sekaligus merupakan  batas  akhir  pembayaran  SPP  bagi  Revisi  selambat-lambatnya  1  (satu)  bulan  setelah  pelaksanaan  ujian. Apabila sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan mahasiswa belum menyerahkan skripsi dan artikel  baik  hard copy maupun soft copy sesuai ketentuan, dikenakan biaya pendidikan tambahan.

Mahasiswa diwajibkan menulis artikel ilmiah dari laporan penelitian skripsi yang dibuatnya.