Scroll to top

Goes To Bright Future Islamic Institute
Alamat: Jl. KH. Hasyim Asy’ari No. 1 Genteng Banyuwangi
- admin@iaiibrahimy.ac.id


    IAI Ibrahimy Terpilih Sebagai Pilot Project \"ASEAN Goes To Village\"
    IAI Ibrahimy Terpilih Sebagai Pilot Project \"ASEAN Goes To Village\"

    By Administrator 18 Mar 2019, 08:42:02 WIB Berita Ibrahimy
    IAI Ibrahimy Terpilih Sebagai Pilot Project \"ASEAN Goes To Village\"

    Genteng - Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi mendapat sebuah kehormatan. Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Pusat Studi ASEAN-Center for Research in Social Studies and Humanities  (C-RiSSH)  Universitas Jember, IAI Ibrahimy terpilih menjadi pilot project  Head Of Village Dialog Forum "ASEAN Goes To Village", yang diselenggarakan Selasa (14/11/2017).

    Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 200 kepala/perangkat desa yang juga mahasiswa Program Beasiswa Aparatur Desa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan narasumber yang hadir dalam acara tersebut adalah Sekertaris Direktur Kerjasama ASEAN Kemenlu RI, Perwakilan BNP2TKI, Perwakilan Kementerian Perdagangan RI, dan Perwakilan Kementerian Pariwisata RI.
     
    "Kegiatan itu sangat penting bagi desa dan warga desa karena mereka semua akan terdampak implementasi MEA. Aparat desa merupakan ujung tombak birokrasi pemerintah di tingkat akar rumput yang bersentuhan langsung dengan kondisi riil masyarakat," kata Ketua Pusat Studi ASEAN-Center for Research in Social Studies and Humanities  (C-RiSSH)  Unej Himawan Bayu Patriadi, PhD dalam sambutannya.
     
    Sejauh ini, lanjut dia, banyak desa yang belum mengetahui secara pasti regulasi, peluang dan tantangan ASEAN, manfaat, dan mungkin keberadaan ASEAN secara umum belum diketahui oleh masyarakat yang berada di pedesaan.
    "Pengetahuan tentang ASEAN dan MEA itu penting untuk meningkatkan kesigapan dan persaingan yang muncul akibat berlakunya Masyarakat ASEAN, serta implementasi ASEAN Community perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat bawah," tuturnya.
     
    Menurutnya desa menjadi ujung tombak birokrasi pemerintahan dan menjadi pusat-pusat produksi pertanian, serta penyediaan tenaga kerja, sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan informasi yang utuh dan benar mengenai kompleksitas implementasi MEA dengan segala peluang dan tantangannya. Ia mengatakan hasil yang diharapkan dari kegiatan itu adalah meningkatnya kesiapan daerah, khususnya Kabupaten Banyuwangi dalam hal daya saing, peluang pasar, dan jejaring internasional dalam aspek produk, industri kreatif lokal, pariwisata yang semuanya itu pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten setempat.
    "Kegiatan itu merupakan pilot project untuk membangun sebuah model sosialisasi masyarakat ekonomi ASEAN untuk masyarakat 'grassroots' di seluruh Indonesia," ujarnya.
     
    Sedangkan Rektor IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi dalam sambutannya menyampaikan "Kami sangat berterima kasih kepada PSA Unej yang sudah berkenan menunjuk IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi sebagai pilot project ASEAN Goes To Village di Indonesia ini, insyaallah kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan baik ini, dan semoga ada manfaat dan nilai tambahnya bagi IAI Ibrahimy". "Setelah acara ini, kami ingin meningkatkan kerjasama dengan pihak Kemenlu RI dan PSA Unej dengan kegiatan yang leih spesifik untuk membumikan ASEAN sampai pelosok-pelosok desa di seluruh Indonesia" sambung pria yang akrab disapa Gus Lilur.
     
    Acara yang berlangsung selama dua sesi ini diikuti dengan tertib oleh mahasiswa, dalam sesi tanya jawab banyak sekali mahasiswa yang ingin bertanya. Ini menunjukkan bahwa rasa keingintahuan mahasiswa tentang ASEAN sangat tinggi. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan akan semakin menambah motiviasi baik dosen maupun mahasiswa IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi untuk semakin mengembangkan dirinya guna menghadapi konsekuensi dari diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (zam)
     



    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment

    PIMPINAN


    Drs. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I
    [ Rektor ]

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

    Tag Berita

    Jejak Pendapat



    Komentar Terakhir

    Video Terbaru

    View All Video