Rektor Ibrahimy Ajak Sinergi Melawan Radikalisme dalam Aksi Kebangsaan di Nusa Dua - Bali
Rektor Ibrahimy Ajak Sinergi Melawan Radikalisme dalam Aksi Kebangsaan di Nusa Dua - Bali

By Administrator 26 Sep 2017, 15:33:45 WIB Berita
Rektor Ibrahimy Ajak Sinergi Melawan Radikalisme dalam Aksi Kebangsaan di Nusa Dua - Bali

Bali - Dalam upaya penanggulangan terorisme dan radikalisme ini perlu adanya dukungan seluruh komponen masyarakat dan lembaga yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi sebagai titik awal penanaman karakter generasi muda, saat ini menjadi titik vital penyebaran faham intoleran di Indonesia. Kemenristek Dikti bersama Kementerian Agama menggelar acara pertemuan pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia di Nusa Dua Bali. Acara yang bertajuk “Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme” dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya Presiden berpesan bahwa jangan sampai kampus menjadi ajang untuk kaderisasi kelompok-kelompok intoleran yang selama ini selalu berusaha untuk memecah belah bangsa Indonesia. Di hari sebelumnya (25/09) Rektor IAI Ibrahimy Genteng Drs. H. Kholilur Rohman, M.Pd.I bersama 4537 peserta dari Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia menyepakati sebuah gerakan yang dinamai Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme dan menghasilkan sebuah deklarasi Sumpah Kebangsaan yang sebelumnya dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD). Dalam FGD tersebut Gus Lilur, sapaan akrab Kholilurrohman menyampaikan bahwa radikalisme sangat bertolak belakang dengan faham Ahlussunnah wal Jama’ah yang tasamuh dan ‘adalah dan kampus kami berkewajiban menyaring segala bentuk gerakan yang bersifat radikal. IMG-20170925-WA0018   Di hadapan peserta, Gus Lilur menuturkan bahwa visi perguruan tinggi yang berjuluk Kampus Hijau tersebut selaras dengan faham Ahlussunnah wal Jama’ah.
“Kampus kami mempunyai visi sebagai garda Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) berbasis kultur akademik berdasarkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah menuju kampus rahmatan lil ‘alamin, dan untuk mencapai visi tersebut, misi yang kami buat juga tidak jauh dengan tujuan kampus kami,” pungkas Gus Lilur.
Gus Lilur juga berharap bahwa gerakan ini harus berjalin berkelindan antar universitas, “Kampus-kampus di Indonesia diharapkan mampu bersinergi bersama melawan radikalisme dan terorisme di lembaganya masing-masing”. (awi/zai)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

PIMPINAN


Drs. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I
[ Rektor ]

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Tag Berita

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video