Nomor Telepon

0333-845654

Email

admin@iaiibrahimy.ac.id

HALAL BIHALAL IAI IBRAHIMY, REKTOR: BELAJAR DAN MENGAJAR ADALAH TARIQAH KIAI AS'AD

2024-04-20 02:23:18 | HUMAS IAI IBRAHIMY | KEGIATAN KAMPUS

GENTENG - Menjelang masuk perkuliahan, civitas akademika IAI Ibrahimy menggelar Halal Bihalal (20/4). Halal bihalal ini merupakan momentum untuk saling berjumpa, memaafkan dan memulai kembali interaksi sosial lebih baik dari sebelumnya. Dalam sambutan Rektor IAI Ibrahimy Genteng, Dr. H. Lukman Hakim, M.H.I yang menyinggung mengenai halal bihalal, ia menjelaskan bahwa gembira dalam merayakan Idul Fitri atau hari raya merupakan bagian dari syariat.

"Halal bihalal ini manifestasi dari ekspresi gembira dalam merayakan hari raya. Ini sangat penting dan perlu untuk dilakukan, karena gembira dalam merayakan hari raya merupakan bagian dari melaksanakan syariat" ujar Lukman (20/4). Lanjut, Lukman menyatakan bahwa kegembiraan ini jadi ruhnya gembiranya menjalani aktivitas kerja. "Orang kalau gembira, pasti kerja lebih enak" ucap Lukman (20/4).

Momentum yang mendekati masuknya perkuliahan ini menjadi perantara untuk Rektor menyampaikan hal yang cukup fundamental, yakni mengenai pengabdian. Menurutnya, pengabdian di IAI Ibrahimy merupakan tariqah KHR. As'ad Syamsul Arifin.

"Pengabdian kita di IAI Ibrahimy ini merupakan tariqah KHR. As'ad Syamsul Arifin. Merupakan jalan yang ditempuh. Yakni tariqah ta'lim watta'allum. Belajar dan mengajar" pungkas pria asal Rogojampi itu (20/4).

Halal bihalal di IAI Ibrahimy ini merupakan kegiatan tahunan. Sebagaimana sambutan dari pihak yayasan, Choirul Anam Bahari, M.Pd.I yang memberi atensi berupa pesan pada kegiatan tahunan ini.

"Halal bihalal ini adalah tradisi. Artinya harus selalu ada setiap tahun" ujar Anam (20/4).

Di sisi lain, Anam juga menjelaskan pentingnya halal bihalal. Halal bihalal baginya merupakan sebuah media komunikasi yang tepat dalam mengembalikan interaksi yang baik.

"Ya ini (halal bihalal) adalah momen tepat. Momen untuk menjalin komunikasi dengan baik. Seperti meminta maaf antar individu dan lainnya" pungkas Anam (20/4).

Dihadiri hampir setengah dari auditorium, kegiatan ini juga mendatangkan penceramah asal Rogojampi, yakni Ustadz Andi Hidayat, S.Ag. Dalam materi ceramahnya, mengandung banyak hal, salah satunya mengenai sinergitas dan kerjasama dalam membangun IAI Ibrahimy Genteng.

"Kalau hanya rektor yang menggerakkan, membangun kampus ini, ya tidak bisa. Maka dari itu, mari bersama-sama seluruh civitas akademika untuk membersamai rektor dalam mengemban amanah dan membangun kampus lebih baik" ucapnya (20/4).

Kegiatan ini dihadiri tidak hanya  pegawai, dosen dan  yayasan saja, melainkan juga keluarga dari masing-masing elemen civitas juga turut meramaikan kegiatan ini. Selepas ceramah, kegiatan dipungkasi dengan ramah tamah.

List Berita Lainnya

PADUAN SUARA IAI IBRAHIMY…

2017-09-30 10:23:45