Nomor Telepon

0333-845654

Email

admin@iaiibrahimy.ac.id

IAI IBRAHIMY GENTENG ADAKAN SOSIALISA TERKAIT IPEPA

2021-07-04 22:48:46 | INTAN PERMATA SARI | KEGIATAN KAMPUS

Banyuwangi - Sosialiasi kebijakan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) dengan tema "Merawat Peringkat Akreditasi Menghindari Pantauan dan Evaluasi", yang menghadirkan Miftahul Hakim, S.P., S.Pd., M.Pd (Dosen Universitas Islam Jember) yang sekaligus pengurus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) selaku narasumber pada kamis (2/9/2021).

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) yang dilaksanakan di AULA KHR. As’ad Syamsul Arifin, IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi, dihadiri Rektor IAI Ibrahimy Genteng yaitu Dr. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I dan 34 orang peserta lain yang berasal dari Wakil Rektor, Dekan, dan Civitas Akademika IAI Ibrahimy Genteng.

Hal yang mendasari sosialisasi perlu dilaksanakan diantaranya untuk memahami secara baik dan benar tentang mekanisme pemantauan dan evaluasi. Pemantauan dibagi menjadi tiga tahap tahapan pertama dilakukan secara machine to machine dimana sebelum jatuh tempo seluruh data harus diisi. Tahap kedua berdasarkan data kinerja dan laporan evaluasi kinerja yang disampaikan oleh perguruan tinggi dilakukan oleh panel asesor. Tahapan ketiga berdasarkan penilaian kondisi objektif di lapangan dilakukan oleh asesor yang sama di tahap dua. Seluruh proses pemantauan dilakukan sebelum keputusan akreditasi berakhir. Jika sudah memasuki tahap kedua dan tiga pemberitahuan ke pihak perguruan tinggi akan disampaikan melalui email. Seluruh pemantauan yang dilakukan hingga tahap ketiga dilakukan dengan prinsip bahwa masih cukup waktu dilaksanakan sebelum keputusan akreditasi berakhir.

Rektor IAI Ibrahimy Genteng Dr. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I dalam sambutannya berharap bahwa acara sosialisa ini dapat meningkatkan pengetahuan civitas akademika tentang IPEPA. “Saya ingin seluruh Dosen dan Civitas Akademika dapat mengetahui dan memahami tentang IPEPA secara baik dan benar karena IPEPA merupakan hal yang sangat penting untuk peningkatan akreditasi IAI Ibrahimy Genteng.” Jelas pria yang biasa dipanggil Gus Lilur itu.

IPEPA ini adalah kebijakan baru mengenai mekanisme pemantauan dan evaluasi akreditasi, terdapat tiga point yang harus diperhatikan secara seksama. “BAN-PT itu secara terus menerus melakukan pemantauan dan evaluasi untuk memutuskan diperpanjang atau tidaknya akreditasi prodi atau PT. Kalau ada indikasi penurunan mutu atau pelanggaran peraturan maka akan disesuaikan lagi peringkatnya. Apabila tidak terdapat indikasi tersebut maka akreditasi bisa diperpanjang. Oleh Karena itu sangat penting untuk kita memahami hal-hal tentang IPEPA,” tambah Miftahul Hakim,SP., S.Pd., M.Pd.

Saat ditemui secara terpisah Siti Nur Azizah, A.Md sebagai Ketua Panitia acara sosialisasi mengatakan tujuan kegiatan ini adalah sebagai media untuk menambah wawasan tentang IPEPA. “Selama ini masih banyak yang belum mengetahui dengan jelas tentang IPEPA. Untuk itu dengan adanya acara sosialisasi diharapkan akan menambah penghetahuan dan wawasan tentang IPEPA sehingga dapat meningkatkan kualitas IAI Ibrahimy Genteng kedepannya.” Ucapnya.

List Berita Lainnya

PADUAN SUARA IAI IBRAHIMY…

2017-09-30 10:23:45