Nomor Telepon

0333-845654

Email

admin@iaiibrahimy.ac.id

JADI PENGUJI DISERTASI DI UIN KHAS, REKTOR IBRAHIMY KENAKAN JUBAH SURBAN

2022-07-22 19:29:04 | INTAN PERMATA SARI | PIMPINAN IBRAHIMY

Jember - Bertempat di Ruang Sidang Pascasarjana Lt. 2 UIN KHAS JEMBER ujian terbuka disertasi Program Doktor Abdul Goffar dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB. Tim penguji dalam sidang disertasi yang diadakan pada Selasa (9/7/2022) terdiri dari 8 orang dengan Prof. Dr. H. Abd. Muis, M.M sebagai promotor.

Pada kesempatan tersebut Rektor IAI Ibrahimy Genteng Dr. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I dipercaya kembali menjadi salah satu penguji. Abdul Goffar mahasiswa yang terdaftar pada prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) program pascasarjana UIN KHAS Jember (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq) mengangkat judul disertasi “Manajemen Pengembangan Kecakapan Hidup Santri (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan Tegalsari Banyuwangi dan Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo)”.

Hal yang berbeda dari sidang pada umumnya yaitu tradisi unik saat ujian disertasi program Doktor para penguji menggunakan pakaian bernuansa islami yaitu jubah dan surban. Pakaian ini identik dengan pakaian pria umat islam terutama di wilayah Timur Tengah. Rektor UIN KHAS Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE, MM mengatakan bahwa penggunaan busana tersebut bukan tanpa alasan busana itu kerap digunakan oleh tokoh agama K.H. Ahmad Siddiq. “Hal ini dilakukan agar mahasiswa mengingat perjuangan tokoh seperti beliau yang sudah sangat berjasa,” tambahnya.

Tim penguji tamu salah satunya Dr. H. Kholilur Rahman, M.Pd.I mengapresiasi hal tersebut karena mencerminkan keilmuan agama yang luas dan mendalam. Eksistensi jubah saat itu bukan hanya jubah secara fisik tapi secara keilmuan.

List Berita Lainnya

PADUAN SUARA IAI IBRAHIMY…

2017-09-30 10:23:45