Nomor Telepon

0333-845654

Email

admin@iaiibrahimy.ac.id

SEMINAR HUKUM; TAKAR DAMPAK UU CIPTA KERJA TERHADAP BURUH

2024-07-03 21:12:31 | HUMAS IAI IBRAHIMY | KEGIATAN MAHASISWA

GENTENG – Sabtu (22/6/2024), Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah IAI Ibrahimy Genteng menggelar seminar hukum yang bertema Dampak UU Cipta Kerja terhadap Kesejahteraan Buruh”. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium KHR. As’ad Syamsul Arifin ini mendatang beberapa pakar untuk menjadi narasumber, yakni Agung Subastian, S.Sos (ketua Serikat Buruh Migran), Iqbal Baraas, S.H., M.Si (praktisi hukum) dan Zaki Al Mubarok, M.Si (dosen fakultas dakwah).

Alfan Hidayatullah selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan orientasi kegiatan ini adalah penambahan wawasan kepada mahasiswa agar mereka jadi lebih melek hukum, juga memahami isu-isu yangs edang berkembang.

“Bagi saya, UU Cipta Kerja secara praktik sangat merugikan pihak buruh. Perlakuan buruh di Eropa berbeda dengan di sini. Di sana menjadi aset, di sini menjadi mesin produksi” ujar Alfan (22/6/2024).

Alfan berpandangan bahwa dengan dalam kegiatan ini, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan mengenai ketimpangan-ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia. Dengan tema yang disandarkan pada kesejahteraan buruh, karena buruh sebagai nyawa dari segala hal yang berkaitan dengan aktivitas produksi, maka seharusnya kesejahteraan bagi mereka perlu mendapatkan atensi yang lebih.

“Padahal ada adagium salus populli suprema lex, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat adalah hukum tertinggi di suatu negara. Maka, kesejahteraan rakyat harus diutamakan” imbuhnya (22/6/2024).

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Ahmad Rudi Maswanto, M.HI memberi apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, DEMA Fakultas Syari'ah telah berupaya untuk menginisiasi kegiatan seminar hukum yang membahas polemik UU CIPTA Kerja berkaitan dengan perlindungan terhadap kesejahteraan buruh di Indonesia.

“Dengan demikian, kegiatan seperti ini harus terus digalakkan, utamanya di dunia akademik untuk memantik respon mahasiswa terhadap isu isu nasional” kata Rudi (22/6/2024).

Ia berharap, dengan kegiatan seminar hukum ini menjadi forum bagi mahasiswa, Fakultas Syariah khususnya, untuk mengkaji bersama narasumber yang memang expert di bidangnya.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada para pemateri yang telah ikut membersamai mahasiswa berdiskusi dan berdialog secara intensif melakukan kajian berkaitan dengan proses legal drafting dari UU Cipta Kerja apakah sudah sesuai dengan asas asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik” tambahnya (22/6/2024).

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Syariah; termasuk Senat Mahasiswa, DEMA I dan organisasi intra lainnya. Muhammad Suriyanto, Wakil Ketua DEMA Fakultas Syariah berpesan pada segenap peserta secara khusus dan mahasiswa IAI Ibrahimy pada umumnya untuk tidak apatis untuk setiap persoalan sosial.

“Jangan jadi apatis. Harus selalu skeptis dalam hal apapun. Apalagi ihwal masalah sosial. Kata Mahbub Djunaidi, tanamkan ke kepala anakmu bahwa hak asasi sama pentingnya dengan sepiring nasi” jelas Suriyanto (22/6/2024).

List Berita Lainnya

PADUAN SUARA IAI IBRAHIMY…

2017-09-30 10:23:45